Berita

Kadisparbudkepora Tekankan Pentingnya Networking Kepada Delegasi PPAP

BAHASA INDONESIA - ENGLISH

Pangkalpinang – Samsul Bahari dari Kabupaten Bangka dan Siti Mardatila dari Kota Pangkalpinang, menjadi delegasi Pertukaran Pemuda Antar Provinsi (PPAN) 2024 asal Bangka Belitung yang akan berkarya di Provinsi Bengkulu dan Kalimantan Utara dari tanggal 04 Juli hingga 07 Agustus 2024.

Sebelum keberangkatan, kedua orang delegasi tersebut melakukan audiensi bersama PJ Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Fery Afriyanto dan Kadis Parbudkepora pemprov Babel, Widya Kemala Sari. Audiensi ini turut serta didampingi oleh Kepala Bidang Kepemudaan dan Kepramukaan, Pairus dan juga Alumni PPAP Imam dan Dimas (Senin, 01/07/2024).

Dalam Audiensi tersebut, Widya menekankan bahwa Networking merupakan hal yang sangat penting dalam mengembangkan diri. Karena dari networking tersebut akan mendapat banyak ilmu dan pengalaman berharga

“Networking sangat penting, karena kalian akan mendapatkan banyak pengalaman dan pelajaran berharga dengan bersosialisasi,” ujar Widya. 

Tidak lupa juga Widya mengingatkan untuk selalu mempromosikan daerah Babel kepada masyarakat luar, karena promosi juga menjadi sebuah agenda penting yang diemban para peserta.

“Dengan bersosialisasi sekaligus mempromosikan Babel, karena ini juga merupakan agenda penting agar masyarakat luar berminat untuk datang ke Provinsi Babel,” pesan Widya.

Karena itu dirinya menyarankan agar dapat aktif menggunakan media sosialnya sebagai alat promosi, sehingga apabila sedang berada ditempat-tempat yang bagus di Babel agar bisa mengunggah foto beserta teks pendek yang ditulis sebagai deskripsi atau penjelasan.

Dalam kesempatan yang sama, PJ Sekda juga memotivasi para peserta agar dapat melaksanakan kegiatan dengan sebaik mungkin karena membawa para delegasi membawa nama baik Bangka Belitung. 

“Meskipun hanya sebulan disana, tunjukkan kepada daerah lainnya bahwa putra-putri Babel dapat berbaur dengan baik bersama masyarakat, dan dapat memberikan motivasi kepada masyarakat terkait pembangunan,” ujar PJ Sekda Fery.

Ditempat terpisah, para delegasi mengatakan bahwa motivasi dalam mengikuti PPAP ini, karena mereka ingin memberikan dampak positif bagi sesama generasi dengan memberikan manfaat kepada masyarakat melalui program PPAP yang bisa diimplementasikan secara konkrit.

Mardatila mengungkapkan, bahwa dirinya yang memiliki dasar pendidikan sebagai kesehatan masyarakat, ingin mengimplementasikan jurusan yang sedang ditekuninya di daerah penempatannya nanti.

“Saya ingin menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat kepada masyarakat di Kalimantan Utara yaitu Tarakan,  karena nanti akan ditempatkan di sana. Hal itu bisa menjadi salah satu bentuk aksi nyata para pemuda dari seluruh provinsi dalam membangun negeri.” Pungkasnya.

Sumber: 
Disparbudkepora
Penulis: 
Khalimo
Fotografer: 
Khalimo
Editor: 
Pairus
Bidang Informasi: 
Kepemudaan